CONTOH KTI ASUHAN KEPERAWATAN KLIEN Ny. “I” DENGAN POST PARTUM ATERM LBK PRIMIPARA HARI PERTAMA DI RUANG NIFAS RS TK. II PELAMONIA

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas bimbingan serta limpahan rahmatNya, sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis ini dengan judul “Asuhan Keperawatan Pada Klien Post Partum Aterm LBK “ di Ruangan     Kamar  Nifas di Rumah Sakit TK.II Pelamonia Makassar”.
Penulis menyadari sepenuhnya, bahwa dalam menyelesaikan karya tulis ini, masih banyak kekurangan yang terjadi dan masih jauh dari kesempurnaan, namun berkat bimbingan, bantuan dan dorongan dari berbagai pihak sehingga karya tulis ini dapat diselesaikan meskipun dalam bentuk yang sederhana.
Dalam penyusunan karya tulis ini bukanlah semata-mata hasil karya penulis sendiri, melainkan bimbingan Tuhan Yang Maha Pengasih serta bantuan dan bimbingan
1.    Dr. Hj. Rostiaty Natsir, MSPH, selaku Direktur Politeknik Kesehatan Makassar.
2.    Hj. Nani Russa, SKM. MSi, selaku Ketua Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Makassar beserta staf dosen yang telah memberikan ilmu pengetahuan dan bimbingan selama penulis mengikuti pendidikan.
3.    Direktur RS. Tk. II Pelamonia Makassar beserta staff yang telah memberikan izin untuk melaksanakan ujian akhir praktek.
4.    Hj. Nuraeni Mustari, S.Sit, selaku pembimbing karya tulis ini yang telah banyak tersita waktunya dan senang hati membimbing dan memberikan saran-saran dalam penulisan karya tulis ilmiah ini.
5.    Hariani, SKp, selaku dosen pembimbing yang telah memberikan bimbingan dan bantuan dalam penyusunan karya tulis ini.
6.    Asmi Rahma, AMK, selaku pembimbing di lahan praktek yang telah membimbing dan mengarahkan dalam penyusunan karya tulis ilmiah ini.
7.    Bapak dan ibu dosen serta staf  Politeknik Keperawatan Tidung Makassar yang telah berjasa dalam membekali penulis dengan berbagai disiplin ilmu selama dalam mengikuti pendidikan.
8.    Kepada papa dan mama dan saudaraku yang tercinta yang selalu memberi dorongan moril dan materil serta doa restu dan segala pengorbanan kepada penulis selama mengikuti pendidikan.
9.    Sahabat-sahabatku yang tercinta yang selalu menolongku di dalam suka maupun duka.
10.    Rekan-rekan mahasiswa Politeknik Jurusan Keperawatan Tidung Makassar yang juga turut memberikan support dan saran-saran kepada penuls.
11.    Pihak-pihak lain yang tidak sempat disebutkan namanya satu persatu yang banyak berpartisipasi dalam penulisan karya tulis ini.
Penulis menyadari banyak kekurangan yang terdapat dalam karya tulis ini, untuk itu diharapkan para pembaca masukan berupa kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan karya tulis ilmiah ini.

Semoga Allah SWT melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Amin Yaa Rabbal Alamin.

Makassar,    Agustus 2003

Penulis

DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL        i
HALAMAN PERSETUJUAN        ii
HALAMAN PENGESAHAN        iii
RIWAYAT HIDUP        v
KATA PENGANTAR        vii
DAFTAR ISI        ix

BAB    I    PENDAHULUAN        1
A.    Latar Belakang        1
B.    Batasan Masalah        2
C.    Tujuan Penulisan        3
D.    Manfaat Penulisan        3
E.    Metode Penulisan        4
F.    Sistimatika Penulisan        5

BAB    II    TINJAUAN TEORITIS        7
A.    Konsep Dasar Medis        7
1.    Pengertian        7
2.    Perubahan fisiologis pada post partum/nifas        8
3.    Perubahan psikologis pada ibu nifas        12
4.    Perawatan dan pengawasan dalam masa nifas        13
B.    Konsep Dasar Asuhan keperawatan         18
1.    Pengkajian        18
2.    Diagnosa Keperawatan        20
3.    Intervensi Keperawatan          21
4.    Implementasi        31
5.    Evaluasi        32

BAB    III    TINJAUAN KASUS        33
A.    Pengkajian        33
B.    Klasifikasi data        48
C.    Analisa data        49
D.    Prioritas masalah        51
E.    Rencana keperawatan        53
F.    Catatan perkembangan        56

BAB    IV    PEMBAHASAN        62
A.    Pengkajian        62
B.    Diagnosa Keperawatan         63
C.    Perencanaan        65
D.    Pelaksanaan        65
E.    Evaluasi        67

BAB    V    PENUTUP        69
A.    Kesimpulan        69
B.    Saran-Saran        70

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Dewasa ini bangsa Indonesia tengah menyongsong tahap tinggal landas, yang mana segala upaya ditujukan untuk dapat meningkatkan kualitas manusia dan kualitas masyarakat Indonesia. Peningkatan kesehatan keluarga tidak mungkin dapat diwujudkan tanpa perbaikan dan peningkatan kesejahteraan ibu.
Pada sebagian besar negara berkembang, kematian ibu memegang porsi terbesar dari kematian di kalangan wanita reproduktif. Setiap tahun sekitar setengah juta ibu meninggal karena penyakit yang berkaitan dengan kehamilan atau persalinan dan 99% dari kematian itu terjadi di negara berkembang (Pusdiknakes, 1993).
Organisasi kesehatan dunia (World Health Organization/WHO) pada tahun terakhir ini sangat memprioritaskan upaya meningkatkan pelayanan kese-hatan wanita, dengan penekanan khusus pada penurunan angka kematian ibu.
Keadaan ibu maternal di Indonesia masih cukup memprihatinkan, karena dari hasil survey rumah tangga tahun 1986 menunjukkan bahwa kematian ibu maternal masih tinggi yaitu sebesar 4,5 per 1000 kelahiran hidup. Penyebab terbanyak dari kematian ibu maternal tersebut adalah perdarahan, pre eklampsi dan infeksi. Angka lalu menunjukkan bahwa anemia pada ibu hamil masih relatif tinggi yaitu 55 % (Pusdiknakes, 1993).
Berdasarkan data dari bagian Administrasi Kesehatan RS. Tk. II Pelamonia Makassar, jumlah penderita yang dirawat di ruang perawatan nifas dengan kasus obstetri dan gynekologi pada tahun 2003 (Januari – Juli) sebanyak 609 orang dengan kasus partus aterm sebanyak 356 orang (58,45 %).
Melalui dekade kaum wanita Perserikatan Bangsa-Bangsa (1976-1985), penderitaan kaum ibu yang sebagian besar dapat dicegah itu, diangkat dan diperkenalkan secara lebih luas. Sehat untuk semua pada tahun 2000 hanya akan menjadi slogan kosong jika ketimpangan dalam penyediaan pelayanan kesehatan dibiarkan terus berlanjut secara menonjol.
Peningkatan kualitas dan cakupan pelayanan kesehatan dasar akan sangat membantu menurunkan risiko kehamilan. Namun, komplikasi yang terjadi selama kehamilan, persalinan dan masa nifas membutuhkan keterampilan dan sarana pada tujuan pelayanan kebidanan tingkat pertama, apakah itu rumah sakit kabupaten atau puskesmas (yang dilengkapi dengan tenaga terlatih dan terampil).
B.    Batasan Masalah
Dengan mempertimbangkan latar belakang masalah diatas maka karya tulis ini dibatasi untuk membahas pelaksanaan asuhan keperawatan klien.
Demikian dalam kesempatan ini penulis membahas ‘Asuhan keperawatan Pada Klien Post Partum Aterm LBK di Ruangan Nifas RS. Tk. II Pelamonia Makassar. Dalam hal ini diperlukan pengembangan dan peningkatan pelayanan keperawatan khusus pelayanan keperawatan pada ibu post partum
C.    Tujuan Penulisan
1.    Tujuan Umum
Untuk mendapatkan gambaran tentang pelaksanaan asuhan keperawatan pada ibu post partum masa nifas di RS. Tk. II Pelamonia Makassar dengan pendekatan proses keperawatan.
2.    Tujuan Khusus
Mendapatkan gambaran nyata dalam :
a.    Memperoleh gambaran tentang penerapan teori yang diperoleh dengan proses keperawatan melalui pengkajian.
b.    Memperoleh pengalaman secara nyata dalam merawat ibu dengan post partum di RS. Tk. II Pelamonia Makassar.
c.    Dapat menyusun perencanaan Asuhan keperawatan pada klien Ny. I dengan post partum aterm LBK.
d.    Dapat mengevaluasi hasil tindakan keperawatan yang telah dilaksanakan.
D.    Manfaat Penulisan
1.    Sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan pendidikan pada Jurusan Keperawatan Program Studi Keperawatan Tidung Politeknik Kesehatan Makassar.
2.    Sebagai bahan masukan bagi rumah sakit dalam meningkatkan pelayanan keperawatan khususnya pada klien post partum
3.    Sebagai bahan bacaan bagi tenaga perawat dan tim kesehatan lainnya dalam meningkatkan pelayanan perawatan kesehatan bagi ibu nifas.
E.    Metode Penulisan
Metode penulisan yang digunakan dalam karya tulis ini sebagai berikut :
1.    Studi kepustakaan
Dalam studi kepustakaan ini penulis memperoleh informasi dari beberapa buku referensi yang berkaitan dengan masalah yang dibahas sebagai dasar teoritis yangn digunakan dalam penyusunan karya tulis ini.
2.    Studi kasus
Study kasus ini dilaksanakan dengan pendekatan proses keperawatan yang dimulai dengan pengkajian, analisa data, merumuskan diagnosa keperawatan, merencanakan tindakan keperawatan, melaksanakan tindakan keperawatan dan mengevaluasi hasil tindakan keperawatan. Untuk mencapai tahap diatas, dalam penulisan ini digunakan beberapa cara antara lain :
a.    Wawancara untuk melakukan pendekatan guna mencari data – data khususnya dari pasien maupun keluarga, tim kesehatan lainnya yang berkaitan dengan kasus tersebut.
b.    Observasi : penulis secara langsung mengadakan pengamatan untuk melihat langsung keadaan pasien selama dalam perawatan.
c.    Pemeriksaan : mulai dari kepala sampai dengan kaki.


3.    Studi dokumentasi
Dalam asuhan keperawatan ibu post partum aterm penulis mendapat data dari status penderita, data medik di ruang perawatan nifas RS. Tk. II Pelamonia Makassar.
4.    Metode diskusi
Penulis melakukan diskusi dengan petugas kesehatan, pembimbing klinik tentang  masalah pasien dan pemecahannya.
F.    Sistimatika Penulisan
Pada bab ini diuraikan sistematika penulisan untuk memperoleh gambaran yang jelas dalam penyusunan karya tulis ini disusun secara sistematis dalam 5 bab, sebagai berikut :
BAB I    :    Pendahuluan
        Dalam bab ini menguraikan tentang latar belakang masalah, tujuan penulisan, manfaat penulisan, metode penulisan dan sistematika penulisan.
BAB II    :    Dalam bab ini penulis membahas tentang tinjauan teoritis masa nifas meliputi : konsep dasar medis yang terdiri dari pengertian, perubahan fisiologis, perubahan psikologis, perawatan dan pengawasan masa nifas dan konsep dasar asuhan keperawatan, meliputi : pengkajian keperawatan, perencanaan keperawatan, pelaksanaan tindakan keperawatan, evaluasi keperawatan

BAB III    :    Tinjauan Kasus
Dalam bab ini akan membahas asuhan keperawatan pada Ny. I di RS. Tk. II Pelamonia Makassar dengan menggunakan metode pendekatan proses keperawatan yang meliputi pengkajian, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.
BAB IV    :    Pembahasan
Pada bab ini membahas tentang kesenjangan antara teori dan praktek keperawatan yang telah dilaksanakan dengan fakta yang ada, dibahas secara sistematis mulai dari pengkajian keperawatan sampai evaluasi keperawatan.
BAB V    :    Penutup, bab ini membahas tentang kesimpulan yang merumuskan dari seluruh isi karya tulis dan saran – saran yang merupakan tanggapan dari seluruh butir – butir yang dirumuskan.

BAB  II
TINJAUAN TEORITIS

A.    Konsep Dasar Medis
1.    Pengertian
a.    Masa nifas (puerperium) adalah masa pulih kembali, mulai dari persalinan selesai sampai alat-alat kandungan kembali seperti pra hamil. Lama masa nifas ini yaitu 6 – 8 minggu (Rustam Mochtar, 1998 Hal. 115).
b.    Masa puerperineum atau masa nifas mulai setelah partus selesai dan berakhir setelah kira-kira 6 minggu. Akan tetapi, seluruh alat genital baru pulih kembali seperti sebelum ada kehamilan dalam waktu 3 bulan.
Nifas dibagi dalam 3 periode :
1)    Puerperium dini yaitu kepulihan dimana ibu telah diperbolehkan berdiri dan berjalan-jalan. Dalam agama Islam dianggap telah bersih dan boleh bekerja setelah 40 hari.
2)    Puerperium intermedial yaitu kepulihan menyeluruh alat-alat genetalia yang lamanya 6 – 8 minggu.
3)    Remote puerperineum adalah waktu yang diperlukan untuk pulih dan sehat sempurnya terutama bila selama hamil atau waktu persalinan mempunyai komplikasi. Waktu untuk sehat sempurna bisa berminggu-minggu, bulanan atau tahunan.
(Rustam, Mochtar, 1998 Hal. 116).
2.    Perubahan fisiologis pada post partum/nifas.
a.    Sistem reproduksi
1)    Uterus
Proses involusi terjadi karena adanya :
a)    Autolysis adalah penghancuran jaringan otot-otot uterus yang tumbuh karena adanya hyperplasia dan jaringan otot yang membesar menjadi lebih panjang sepuluh kali dan menjadi lima kali lebih tebal dari sewaktu hamil, akan susut kembali mencapai keadaan semula.
b)    Aktivitas otot-otot ialah adanya kontraksi dan retraksi dari otot-otot setelah anak lahir yang diperlukan untuk menjepit pembuluh darah yang pecah karena adanya pelepasan placenta dan berguna untuk mengeluarkan isi uterus yang tidak diperlukan.

c)    Ischemia, disebut juga local anemia, yaitu kekurangan darah pada uterus. Kekurangan darah ini bukan saja disebabkan karena adanya kontraksi dan retraksi yang cukup lama tetapi disebabkan oleh pengurangan aliran darah yang pergi ke uterus di dalam masa hamil, karena uterus harus membesar menyesuaikan diri dengan pertumbuhan janin.
2)    Serviks
Setelah persalinan, bentuk serviks menganga seperti corong berwarna merah kehitaman, konsistensinya lunak, kadang-kadang terdapat perlukaan-perlukaan kecil. Setelah bayi lahir, tangan masih bisa masuk rongga rahim ; setelah 2 jam dapat dilalui oleh 2 – 3 jari dan setelah 7 hari hanya dapat dilalui 1 jari.
3)    Lochia
Adalah cairan sekret yang berasal dari kavum uteri dan vagina dalam masa nifas dan dibagi dalam beberapa jenis.
a)    Lochia rubra (cruenta) : berisi darah segar dan sisa-sisa selaput ketuban, sel-sel decidua, verniks caseosa, lanugo, dan mekoneum, selama 2 hari pasca persalinan.
b)    Lochia sanguinolenta : berwarna merah kuning berisi darah dan lendir ; hari ke 3 – 7 pasca persalinan.
c)    Lochia serosa : berwarna kuning, cairan tidak berdarah lagi, pada hari ke 7 – 14 pasca persalinan.
d)    Lochia alba : cairan putih, setelah 2 minggu.
4)    Vulva dan vagina
Vulva dan vagina mengalami penekanan serta peregangan yang sangat besar selama melahirkan bayi dan dalam beberapa hari pertama sesudah proses tersebut, kedua organ ini tetap berada dalam keadaan kendur. Setelah 3 minggu, vulva dan vagina kembali kepada keadaan tidak hamil.
5)    Perineum
Segera setelah melahirkan, perineum menjadi kendur karena sebelumnya beregang oleh tekanan kepala bayi yang bergerak maju pada postnatal hari ke- 5, perineum sudah mendapatkan kembali sebagian besar tonusnya sekalipun tetap lebih kendur daripada keadaan sebelum melahirkan.
6)    Payudara
Payudara akan menjadi lebih besar, lebih kencang dan mula-mula lebih nyeri tekan sebagai reaksi terhadap/perubahan status hormonal serta dimulainya laktasi
b.    Sistem perkemihan
Buang air kecil sering sulit selama 24 jam pertama. Kemungkinan terdapat spasme sfingter dan edema leher buli-buli sesudah bagian ini mengalami kompresi antara kepala janin dan tulang pubis selama persalinan. Urine dalam jumlah yang besar akan dihasilkan dalam waktu 12 – 36 jam sesudah melahirkan. Setelah plasenta dilahirkan, kadar hormon estrogen yang bersifat menahan air akan mengalami penurunan yang mencolok. Keadaan ini menyebabkan diuresis. Ureter yang berdilatasi akan kembali normal dalam 6 minggu
c.    Sistem gastrointestinal
Buang air besar (BAB) tertunda selama 2 sampai 3 hari setelah melahirkan sebelum usus kembali normal. Meskipun kadar progesteron menurun setelah melahirkan, namun asupan makanan juga mengalami penurunan selama satu atau dua hari, gerak tubuh berkurang dan usus bagian bawah sering kosong jika sebelum melahirkan diberikan enema. Rasa sakit di daerah perineum dapat menghalangi keinginan ke belakang.
d.    Sistem kardiovaskuler
Setelah terjadi diuresis yang mencolok akibat penurunan kadar estrogen, volume darah kembali kepada keadaan tidak hamil. Jumlah sel darah merah dan kadar haemoglobin kembali normal pada heri ke- 5. meskipun kadar estrogen mengalami penurunan yang sangat besar selama masa nifas, namun keadaannya masih tetap lebih tinggi daripada normal. Plasma darah tidak begitu mengandung cairan dan dengan demikian daya koagulasi meningkat. Pembekuan darah harus dicegah dengan penanganan yang cermat dan penekanan pada ambulasi dini.


e.    Sistem integumen
Pada waktu hamil terjadi pigmentasi kulit pada beberapa tempat karena proses hormonal. Pigmentasi ini berupa kloasma gravidarum pada pipi, hyperpigmentasi kulit dinding perut (striae gravidarum). Setelah persalinan hormonal berkurang dan hiperpigmentasi pun menghilang. Pada dinding perut akan menjadi putih mengkilap yaitu “striae albikan”.
3.    Perubahan psikologis pada ibu nifas.
Perubahan yang mendadak dan dramatis. Pada status hormonal menyebabkan ibu yang berada dalam masa nifas menjadi sensitif terhadap faktor-faktor yang dalam keadaan normal maupun diatasinya. Di samping perubahan hormonal, cadangan fisiknya sering sudah terkuras oleh tuntutan kehamilan serta persalinan keadaan kurang tidur, lingkungan yang asing baginya dan oleh kecemasannya akan bayi, suami atau anak-anaknya yang lain.
Meurut beberapa peneliti, menerima peran sebagai orang tua adalah suatu proses yang terjadi dalam tiga tahap : (1) Ketergantungan, (2) Ketergantungan – ketidaktergantungan, dan (3) Saling ketergantungan (Hamilton, 1995).
a.    Tahap I : ketergantungan. Bagi beberapa ibu baru tahap ini terjadi pada hari ke- 1 dan ke-2. setelah melahirkan (Rubin, 1961) menjelaskan bahwa hari tersebut merupakan fase “taking-in” (menerima) waktu dimana ibu membutuhkan perlindungan dan pelayanan. Ia memfokuskan energinya pada bayinya yang baru. Ia mungkin selalu membicarakan pengalaman melahirkan berulang-ulang, “taking-in” merupakan fakta bagi perannya yang baru.
b.    Tahap 2 : ketergantungan-ketidaktergantungan. Tahap kedua mulai pada sekitar hari ketiga setelah melahirkan dan berakhir pada minggu ke- 4 sampai ke- 5. Rubin menyebutnya sebagai fase “taking-hold”. Sampai hari ketiga ibu siap untuk menerima peran barunya dan belajar tentang semua hal-hal baru. Namun demikian, tubuhnya mengalami perubahan yang sangat signifikan, sebagai akibat pengaruh hormonal yang sangat kuat, keluarlah ASI.
c.    Tahap 3 : saling ketergantungan, dimulai sekitar minggu ke- 5 sampai ke- 6 setelah melahirkan, sistem keluarga telah menyesuaikan diri dengan anggotanya yang baru. Tubuh pasien telah sembuh, peranan rutinnya telah kembali dan kegiatan hubungan seksualnya telah dilakukan kembali. Secara fisik ibu mampu untuk menerima tanggung jawab normal dan tidak lagi menerima “peran sakit”
4.    Perawatan dan pengawasan dalam masa nifas.
Perawatan post natal di rumah sakit berkisar sekitar 5 – 7 hari setelah persalinan normal : jika terdapat komplikasi atau intervensi, mungkin diperlukan waktu satu atau dua hari lebih lama. Perawatan dan observasi yang segera dilakukan terhadap ibu yang baru saja melahirkan adalah sebagai berikut :
a.    Suhu
Suhu tubuh diperiksa pagi dari sore hari. pada bagian kebidanan, suhu tubuh yang melebihi 37,20C harus dilaporkan kepada bidan bangsal yang akan menghubungi dokter jika suhu tersebut naik di atas 37,50C.
Kenaikan suhu yang sedikit sering dijumpai pada sekitar hari ke- 4 dan mungkin menyertai aktivitas payudara. Di lain pihak, setiap kenaikan suhu tubuh yang disebabkan oleh sepsis nifas, yaitu kelainan serius yang harus segera diatasi dengan terapi antibiotik.
b.    Denyut nadi
Frekuensi denyut nadi dicatat dua kali sehari, normalnya frekuensi nadi relatif rendah selama minggu pertama setelah melahirkan. Denyut nadi yang cepat dapat disebabkan oleh infeksi, khususnya jika disertai dengan kenaikan suhu tubuh.
c.    Tekanan darah
Setelah 24 jam pertama, tekanan darah diukur dua kali sehari sampai hari ke-4 dan kemudian diukur sekali sehari. Tekanan darah yang rendah dapat menunjukkan perdarahan post partum. Tekanan darah yang tinggi mengingatkan kita kemungkinan pre-eklampsia yang dapat timbul setiap saat dalam masa nifas sekalipun kejadian seperti ini jarang terjadi.
d.    Fundus uteri
Tinggi fundus uteri diukur serta dicatat setiap hari, dan fundus uteri dipalpasi dua kali sehari untuk memastikan bahwa uterus mengalami

TIPS DOWNLOAD : KLIK LINK TUNGGU 5 DETIK DAN SKIP ADD

KATA PENGANTAR DAN DAFTAR ISI
BABI
BAB II
BAB III
BAB IV
BAB V
CAPTER
SAP
ASKEP

67 Responses to "CONTOH KTI ASUHAN KEPERAWATAN KLIEN Ny. “I” DENGAN POST PARTUM ATERM LBK PRIMIPARA HARI PERTAMA DI RUANG NIFAS RS TK. II PELAMONIA "

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c "
    numpang share ya min :)

    ReplyDelete
  2. BOLAPELANGI - BANDAR MIX PARLAY TERBESAR DI INDONESIA HANYA DENGAN 1

    USER ID SUDAH BISA BERMAIN SEMUA GAME.

    Klick = Prediksi Bola dan Togel.
    Klick = Mix Parlay
    Klick = Bola Jalan
    Klick = Bandar Bola

    ReplyDelete

  3. Artikel yang sangat membantu. Terima kasih atas informasinya

    Kunjungi juga situs kami, penyedia film online | streaming dan film bioskop..

    Bioskop Pelangi

    Nonton Film Online

    Indoxxi

    Nonton Film Terbaru

    LK21

    nonton movie

    ReplyDelete
  4. Artikel Yang Bagus Gan Mohon izin Comment nya ^_^

    "BOLA PELANGI - BANDAR MIX PARLAY TERBESAR DI INDONESIA HANYA DENGAN 1 USER ID SUDAH BISA BERMAIN SEMUA GAME. "
    Join US ! klik link di bawah ini ☟
    Prediksi Bola dan Togel.
    Bola Online
    Mix Parlay
    Bola Jalan
    Bandar Bola

    Berikut HOT PROMO yang masih berlaku, antara lain :

    • Bonus cashback setiap minggunya hingga 15%
    • Bonus refferal 2.5% seumur hidup
    • Bonus rollingan casino 0.8%

    ♚ Group FB Prediksi Parlay = Markas Prediksi
    ♛ Instagram = Bola Pelangi
    ✆ WA = +6282143134681 || +6281333472723

    ReplyDelete
  5. Artikel Yang Bagus Gan Mohon izin Comment nya ^_^

    BOLA PELANGI - BANDAR MIX PARLAY TERBESAR DI INDONESIA HANYA DENGAN 1 USER ID SUDAH BISA BERMAIN SEMUA GAME.
    Join US ! klik link di bawah ini ☟
    Prediksi Bola dan Togel.
    Bola Online
    Mix Parlay
    Bola Jalan
    Bandar Bola

    SPECIAL PROMO SELAMA BULAN RAMADHAN PENUH BERKAH !

    * BONUS NEW MEMBER 10%
    * BONUS AJAK TEMAN Rp 10.000,- ( Bonus Akan Di Berikan Jika Mengajak 2 Orang Teman Bergabung Di www.bolapelangi88.com)
    * BONUS CASHBACK SAMPAI 15%
    * BONUS REFFERAL 2,5%

    Syaratnya & Ketentuan
    * Promo Hanya Berlaku Selama Bulan RAMADHAN
    * Bonus Ajak Teman Akan Di Berikan Jika Salah 1 Teman Sudah Melakukan Deposit
    * Minimal Dp & Wd 50rb
    * Tidak Boleh Mendaftar Lebih Dari 1 Rekening

    * Join Grup FB Markas Prediksi Parlay : https://www.facebook.com/groups/346501502486292/
    * Share ke facebook dan tag 5 orang teman kamu
    * Harap Konfirmasi setelah memenuhi syarat ke WA kami dengan format yang benar
    * Promo Ini hanya berlaku selama bulan ramadhan
    * Semua Syarat dan kentetuan yang di buat oleh Bola Pelangi adalah Mutlak
    * Keputusan Bola Pelangi Adalah Mutlak Dan Tidak Dapat Di Ganggu Gugat Jika Terjadi Kecurangan

    Untuk Info Dan Bonus Menariknya Bisa Hubungi Kami Di Bawah Ini :
    WHATSAPP 1 : +6282143134681
    WHATSAPP 2 : +6281333472723

    ReplyDelete
  6. Saktiqq - Situs Poker Online yang Terpercaya dan Terbaik di Indonesia
    Minimal Deposit Hanya Rp.25.000 Untuk Bermain di Agen BandarQ Terbesar

    SaktiQQ

    Poker Online

    BandarQ Online

    AduQ Online

    ReplyDelete
  7. JANGAN SAMPE ILANG ATO TEHAPUS!!!!!!!!

    Artikel Yang Sangat Bermanfaat... Jangan Lupa Dibaca Juga Artikel berikut ini :D

    Jadwal Sepak Bola Setiap Hari Lengkap

    Prediksi Sepak Bola Jitu

    Prediksi Singapore Pools Eyang Togog

    Prediksi Agogo4D Pools Eyang Togog

    ReplyDelete
  8. Jadwal Pertandingan Bola
    Promo Yang berlaku Di LIGAPELANGI
    HOT PROMO :

    - Bonus Deposit 10% Setiap hari (max 200 Rb) Minimal TO 2x
    - Bonus Cashback Mingguan Di Sportbook 5% - 15%
    - Bonus Refrensi 2,5% Seumur Hidup Di Permainan Sportbook
    - Bonus Rollingan Casino 0.8%

    Diskon Togel :
    Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.5.00% , 2D : 29.5.00%
    Kombinasi = 5%
    Shio = 12%
    Colok Angka (1A) = 5%
    Colok Macau (2A) = 15%
    Colok Naga (3A) = 15%
    Colok Jitu = 8%

    Silakan Bossku^^

    ReplyDelete
  9. MIX PARLAY
    AGEN TERPERCAYA
    BERITA BOLA
    Promo Yang berlaku Di www.LigaPelangi.net :
    HOT PROMO :

    - Bonus Deposit 10% Setiap hari (max 200 Rb) Minimal TO 2x
    - Bonus Cashback Mingguan Di Sportbook 5% - 15%
    - Bonus Refrensi 2,5% Seumur Hidup Di Permainan Sportbook
    - Bonus Rollingan Casino 0.8%

    Diskon Togel :
    Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.5.00% , 2D : 29.5.00%
    Kombinasi = 5%
    Shio = 12%
    Colok Angka (1A) = 5%
    Colok Macau (2A) = 15%
    Colok Naga (3A) = 15%
    Colok Jitu = 8%

    Silakan Bossku^^"

    ReplyDelete
  10. Terima kasih atas informasinya.
    Artikel yang sangat bermanfaat.
    Jangan lupa kunjungi Agen resmi SBOBET,

    ReplyDelete
  11. Mario4D - Bandar Togel Terbesar dan Terpercaya Se-Asia. Cukup 1 USER ID bisa bermain Semua GAMES.

    Togel SGP
    Hongkong Pools
    Agen Togel Sydney
    Prediksi Togel Mario4D
    Togel Online


    LINE ID : Mario4D
    IG : @cs4dmario
    WHATSAPP : +855962082852

    Gabung Sekarang Di MARIO4D :)

    ReplyDelete
  12. Artikel Yang Bagus Gan ..
    Ijin Comment Ya Gan ^^

    Yuk di kunjungi juga situs kami di link bawah ini ya :

    Togel Singapore
    Bandar Togel
    SUMO4D
    Togel Online
    Bandar Togel
    Togel Singapore
    Togel Hongkong
    Togel Sydney
    Situs Togel
    Togel Indonesia
    Agen Poker

    Berikut Hot Promo Terbaru

    -Bonus Deposit Up To 10%
    -Bonus New member 10%
    -Bonus Cashback Up to 15%
    -Bonus Rollingan up to 0.8%

    Line : sumo4dd
    WHATSAPP : +855 15 982 106
    Instagram : sumo.4d

    WWW.SUMOANGKA.NET

    ReplyDelete
  13. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    ReplyDelete
  14. PIANOTOTO | BANDAR TOGEL,CASINO,POKER TERPERCAYA

    BANDAR TOGEL
    POKER ONLINE
    CASINO LIVE
    SABUNG AYAM
    SLOT GAMES SERU
    Sportbook

    Masih Bingung Mencari Situs Togel / Slot / Tangkas / Casino / Sportbook / Sabung Ayam / Poker & Domino yang bisa di percaya?
    7 Games Dalam 1 User ID .

    Yang Mempunyai % Kemenangan Lebih Besar?

    Pelayanan CS Yang Ramah / Tips & Trick Cara Bermain?
    Prediksi Togel yang Jitu? Prediksi Bola yang Jitu?

    Tentunya ada DISKON TOGEL TERBESAR !

    Minimal Deposit : Rp 25.000,-
    Bonus Refferal Seumur Hidup .
    - Bonus Referral up to 1% ( Togel )
    - Bonus Rollingan up to 0.8% ( Casino )
    - Bonus CashBack up to 15% ( Tangkas )
    - Bonus CashBack up to 15% ( Sportbook )
    - Bonus CashBack up to 15% ( Sabung Ayam )
    - Bonus Referal up to 2% ( Sportbook & Sabung Ayam )

    Rasakan Sensasi nya Menjadi Bandar Togel hanya di Togel PIANOTOTO.
    Dengan Pelayanan Terbaik ( Customer Service ) .

    BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    BONUS NEW MEMBER 10%

    Customer Service Online 24 Jam .

    IG : CSPIANO4D
    LINE : PIANOTOTO4D
    WA : +855962092264

    Salam Admin, www.pianototo.info

    ReplyDelete
  15. sih Sering kalah main Poker Online?Ingin gampang menang? Masih Bingung Bossku Cari BO Poker Yang Aman & Terpercaya ???

    Di sinilah tempatnya MEJAONLINE, Agen Poker Dengan Tingkat Kemenangan yang Paling Besar.
    Dengan Server IDNPLAY Situs Taruhan Judi poker RECOMMENDED Banget Nii Guys ^_^ !!!

    Bisa juga di buatkan ID khusus yang Hoki untuk anda.

    INFO chat aku ya ^^
    WA : +855-1679-8223

    Poker Online Tercepat
    Poker Online Terbaik
    Ceme Online
    Domino QQ
    Poker Online Indonesia

    ReplyDelete
  16. Berita yang menarik ^^

    Ayo Kunjungi Situs Kami www.pelangi4d.asia

    Dengan Modal Sedikit Dapat Menjadi Jutawan

    BONUS PELANGI4D :

    > Bonus New Member 10%

    > Bonus Cashback up to 15% [SPORT]

    > Bonus Cashback up to 10% [SABUNG AYAM]

    > Bonus Cashback 5% [SLOTS & TANGKAS]

    > Bonus Rollingan 0.3%

    > Bonus Rollingan 0.8% [CASINO]

    > Bonus Referral Togel up to 1%

    > Bonus Referral up to 2% [SPORT & SABUNG AYAM]Diskon Togel untuk Pasaran : SYDNEY & HONGKONG



    Diskon Togel untuk Pasaran : SENTOSA 4D - SINGAPORE - SENTOSA TOTO

    Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.50% , 2D : 29.50%

    pelagi4d



    Berita Dan Prediksi Bola



    pelangijitu


    togel online



    Taruhan Bola



    togel hongkong


    FreeSlots



    PokerStars



    GameCasino



    Kunjungi Sekarang Juga ^^

    Link Alternatif Kami ;



    Versi Web :

    > www.pelangi4d.asia

    > www.pelangijitu.net

    > www.pelangijitu.org



    Versi Wap ( khusus Togel ) ;

    > www.pelangijitu.org/wap



    Versi Mobile ;

    > www.pelangijitu.org/m/



    Silahkan DiKunjungi ya ^_^

    ReplyDelete
  17. Artikel Yang Bagus Gan Mohon izin comment ya gan ^__^

    Liga Pelangi , Bola Jalan Terbesar di Indonesia dengan pelayanan Customer Service

    Terbaik. Cukup mudah untuk bermain di liga pelangi , 1 User ID bisa untuk semua

    Games.


    Promo Yang berlaku Di www.LigaPelangi.net :
    HOT PROMO :

    - Bonus Deposit 10% Setiap hari (max 200 Rb) Minimal TO 2x
    - Bonus Cashback Mingguan Di Sportbook 5% - 15%
    - Bonus Refrensi 2,5% Seumur Hidup Di Permainan Sportbook
    - Bonus Rollingan Casino 0.8%

    Diskon Togel :
    Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.5.00% , 2D : 29.5.00%
    Kombinasi = 5%
    Shio = 12%
    Colok Angka (1A) = 5%
    Colok Macau (2A) = 15%
    Colok Naga (3A) = 15%
    Colok Jitu = 8%

    Web : www.ligapelangi.net
    WA : +85515982617
    line : ligapelangi
    Instag : ligapelangi88
    Twitter : @LigaPelangi99
    Facebook : LigaPelangi
    Silakan Bossku^^

    ReplyDelete
  18. Hai Gan... Artikel Yang Sangat Bagus dan Memberikan Informasi

    Yang Bermanfaat..^^
    Terima Kasih^^
    Dan Mohon Untuk Izin Comment yah Gan^^

    Bandar Togel
    KICAU4D
    SLOT GAMES
    SGP TOGEL
    Bandar Togel
    Hongkong Pools
    Casino Online

    ReplyDelete
  19. Masih Bingung Bossku Cari BO Poker Yang Aman & Terpercaya ???
    Ingin Kemenangan langsung dibayar secepat kilat , Tanpa Ribet ?
    JACKPOT langsung dibayar secepat kilat
    Ayo Langsung saja Yuk Gabung d website kami

    Dengan Server IDNPLAY Situs Taruhan Judi poker RECOMMENDED Banget Nii Guys ^_^ !!!
    Paling Aman & Terpercaya Di Indonesia
    MEJAONLINE*.INFO (BINTANG NYA DI HAPUS ^_^ )

    Daftar & Gabung Bersama Kami Sekarang Juga di MEJAONLINE
    Dapatkan Promo Bonus Dari Kami :
    1. BONUS DEPOSIT NEW MEMBER UP TO Rp. 50,000
    2. BONUS ROLLINGAN 0.4 % SETIAP HARI SENIN
    3. BONUS REFFERAL 20 % SETIAP HARI KAMIS

    Tunggu apalagi boss? AYO DAFTARKAN DIRI ANDA SEKARANG !
    Link Resmi :
    MEJAONLINE*.INFO (BINTANG NYA DI HAPUS ^_^ )

    ^_^ DI TUNGGU KEHADIRANNYA ^_^
    �� WA : +85516798223

    Poker Online Tercepat
    Poker Online Terbaik
    Ceme Online
    Domino QQ
    Poker Online Indonesia

    ReplyDelete
  20. HANYA di AGENS128 DEPOSIT 25RB !!!
    bermain live online SABUNG AYAM di AGENS128
    BONUSS 10% NEW MEMBER !!!

    Tunggu Apalagii Langsung saja BERGABUNG dengan AGENS128 dan Masih banyak PROMO dan BONUSS Menarik !!!

    INFO lebih lanjut bisa langsung ke https://bit.ly/2N7pcGJ
    Untuk info lebih lanjut hub contact :
    Whatsapp : 0852-2255-5128

    ReplyDelete
  21. BOLA PELANGI - BANDAR MIX PARLAY TERBESAR DI INDONESIA HANYA DENGAN 1 USER ID SUDAH BISA BERMAIN SEMUA GAME.
    Join US ! klik link di bawah ini ?
    Prediksi Bola dan Togel
    Bukujin togel dan bola
    Bola Online
    Mix Parlay
    Bola Jalan
    Bandar Bola

    ReplyDelete
  22. AGEN TERPERCAYA
    MIX PARLAY
    BERITA BOLA
    Promo Yang berlaku Di www.LigaPelangi.org :
    HOT PROMO :

    - Bonus Deposit 10% Setiap hari (max 200 Rb) Minimal TO 2x
    - Bonus Cashback Mingguan Di Sportbook 5% - 15%
    - Bonus Refrensi 2,5% Seumur Hidup Di Permainan Sportbook
    - Bonus Rollingan Casino 0.8%

    Diskon Togel :
    Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.5.00% , 2D : 29.5.00%
    Kombinasi = 5%
    Shio = 12%
    Colok Angka (1A) = 5%
    Colok Macau (2A) = 15%
    Colok Naga (3A) = 15%
    Colok Jitu = 8%

    Silakan Bossku^^"

    ReplyDelete
  23. Prediksi Bola

    Jadwal Bola

    Agent Bola Togel

    LigaBintang

    Bandar Bola

    Berikut Bonus Yang Ada Di LIGABINTANG: - Bonus Deposit Harian 10% - Bonus Cashback 5% - Bonus rolingan 0.8%

    ReplyDelete
  24. Artikel Yang Bagus Gan Mohon izin Comment nya ^_^
    Kunjungi Situs Taruhan Bola|Togel|Poker|Domino|Tangkas|Casino

    KLIK Liga

    Bintang


    Join US ! klik link di bawah ini ?
    KLIK Prediksi Bola

    KLIK Bandar Bola

    KLIK Bola Online

    Liga Bintang adalah agen Mix Parlay terbesar Saat ini di Indonesia yang sudah tidak

    diragukan lagi dalam hal melayani dan membantu masalah yang dihadapi member

    dalam hal pembuatan akun dan masalah games. Hanya dengan 1 User ID anda bisa

    bermain semua game, buruan daftar di Liga Bintang.

    Contact :
    BBM : D8D717B1
    LINE : csligabintang
    WA: +62 812 3121 5993
    WEBSITE : LIGABINTANG88.NET

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. TRIK MENANG JUDI ONLINE TERBARU 2019


    TRIKMENANGJUDIONLINE


    LIGABINTANG


    Promo Yang berlaku Di www.ligabintang88.net :
    HOT PROMO :

    - Bonus Deposit 10% (max 100 rb) Minimal TO 3x
    - Bonus Cashback Mingguan Di Sportbook 5% - 15%
    - Bonus Refrensi 2,5% Seumur Hidup Di Permainan Sportbook
    - Bonus Rollingan Casino 0.8%

    Diskon Togel :
    Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.5.00% , 2D : 29.5.00%
    Kombinasi = 5%
    Shio = 12%
    Colok Angka (1A) = 5%
    Colok Macau (2A) = 15%
    Colok Naga (3A) = 15%
    Colok Jitu = 8%

    Silakan Bossku^^

    ReplyDelete
  27. Sangat membantu sekali gan infonya saya jadi makin tau sekarang dan jangan lupa juga visit website kita gan dokter spesialis bedah jakarta

    ReplyDelete
  28. kunjungi juga toko peralatan kesehatan kita banyak berbagai macam alat kesehatan jual alat fisioterapi anak

    ReplyDelete
  29. Situs Taruhan Game Kartu Online Yang Sudah Terupdate 80%
    Yuk Kunjungi Langsung di
    https://bonsaiqqjr.blogspot.com

    ReplyDelete
  30. Mampir yuk... Biar gak bosen baca baca artikel ku ya
    Akibat Barbekyu
    Vina Garut
    AduQ Online

    ReplyDelete
  31. AGEN TERPERCAYA
    MIX PARLAY
    BERITA BOLA
    Promo Yang berlaku Di www.LigaPelangi.org :
    HOT PROMO :

    - Bonus Deposit 10% Setiap hari (max 200 Rb) Minimal TO 2x
    - Bonus Cashback Mingguan Di Sportbook 5% - 15%
    - Bonus Refrensi 2,5% Seumur Hidup Di Permainan Sportbook
    - Bonus Rollingan Casino 0.8%

    Diskon Togel :
    Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.5.00% , 2D : 29.5.00%
    Kombinasi = 5%
    Shio = 12%
    Colok Angka (1A) = 5%
    Colok Macau (2A) = 15%
    Colok Naga (3A) = 15%
    Colok Jitu = 8%

    Silakan Bossku^^"

    ReplyDelete
  32. Pretty! This has been an extremely wonderful post. Thanks for
    providing these details
    Agen BandarQ Online

    ReplyDelete
  33. Nice topic for we listen, i hope you still writte a article like this. Thank you
    Pretty! This has been an extremely wonderful post. Thanks for
    providing these details

    Agen BandarQ Online


    Judi Sakong Online


    Agen BandarQ


    Agen DominoQQ



    Agen Bandar Poker Online


    Situs Taruhan Judi Poker Online Terpercaya BandarQ Online

    Berita Bola
    AduQ Online
    Live Draw Hk

    ReplyDelete
  34. hay keren kami jual produk-produk organic bila pengen tau lebih dalam produk kita kunjungi IG kami jualprodukorganik_mom

    ReplyDelete
  35. makasih atas infonya

    https://zonasehat.site/

    ReplyDelete
  36. Takut Menang Banyak Tidak Dibayar ??

    Bergabung Bersama Kami Di Bola206 Situs Betting

    Online Terpercaya dan Sudah Berpengalaman Dengan

    Transaksi Besar.

    Menang dan Dapatkan Hadiahnya !!

    - Bonus Deposit New Member 10 %
    - Bonus Deposit Harian 5%
    - Bonus Rollingan Casino 1 %
    - Bonus Cashback Sportbook dan Sabung Ayam 5 %
    - Bonus Referral 2,5 %

    Kunjungi Situs Kami Di www,indo206,net
    No WA : 081363191417
    Line Messenger: agenbola206

    Tersedia Bank

    - BCA
    - MANDIRI
    - BNI
    - BRI
    - DANAMON

    ALL BANK ONLINE 24 JAM

    Situs Taruhan Bola, Live Casino, Sabung Ayam, Slot

    Game Gampang Menang Hanya Di

    Bola206

    ReplyDelete
  37. For those of you who like fishing, visit our website (:

    Umpan Serbuk Ikan Mas Kilo Gebrus

    ReplyDelete
  38. Ingin punya penghasilan dadakan ?
    Ingin punya penghasilan tambahan ?
    Ingin jadi jutawan ?

    Mudah dan menyenangkan tentunya ..

    Yuk , kepoin alamat dibawah ini :

    www(dot)kapaljudi88(dot)net
    www(dot)kapalasia(dot)net

    Telegram : @KAPALJUDI
    Fanspage : https://www.facebook.com/KAPALJUDI.NET/
    Instagram : @kapaljudi88
    Twitter : @KapalAsia88
    Line : Kapaljudi
    WHATSAPP : +85515378728

    Kami tunggu kedatangannya dan segera bergabung bersama kami 🙂

    Kapal Judi 🙂


    ReplyDelete
  39. Promo Yang berlaku Di www.LigaPelangi.net :
    HOT PROMO :

    - Bonus Deposit 10% Setiap hari (max 200 Rb) Minimal TO 2x
    - Bonus Cashback Mingguan Di Sportbook 5% - 15%
    - Bonus Refrensi 2,5% Seumur Hidup Di Permainan Sportbook
    - Bonus Rollingan Casino 0.8%

    Diskon Togel :
    Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.5.00% , 2D : 29.5.00%
    Kombinasi = 5%
    Shio = 12%
    Colok Angka (1A) = 5%
    Colok Macau (2A) = 15%
    Colok Naga (3A) = 15%
    Colok Jitu = 8%

    Silakan Bossku^^"

    ReplyDelete
  40. infonya sangat menarik dan bermanfaat bosku

    di tunnggu kunjungan nya ke : tips sehat

    ReplyDelete
  41. Hai Gan... Artikel Yang Sangat Bagus dan Memberikan Informasi Yang Bermanfaat..^^
    Terima Kasih^^
    Dan Mohon Untuk Izin Comment yah Gan^^

    MickeyMouse
    Bandar Togel
    TOBA4D
    SLOT GAMES
    Agen Togel Online
    Prediksi Togel Singapore
    Hongkong Pools
    Casino Online

    ReplyDelete
  42. KAPAL ASIA (KAPAL JUDI)

    HOT PROMO :

    - Bonus Cashback Mingguan Hingga 15%
    - Bonus Refrensi 2,5% Seumur Hidup
    - Bonus Rollingan Casino 0.8%
    - Bonus Rollingan Mingguan Sportbook Refferal 0,1%

    Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.5.00% , 2D : 29.5.00%
    Kombinasi = 5%
    Shio = 12%
    Colok Angka (1A) = 5%
    Colok Macau (2A) = 15%
    Colok Naga (3A) = 15%
    Colok Jitu = 8%

    jika ada kendala silahkan hubungi ke live chat kami ya bosku ^^
    kami siap membantu bosku 24jam
    di tunggu kedatangan nya kembali bosku ^^

    WA: +855 1537 8728 KAPALJUDI
    Fanspage : Kapal Judi Faigk
    IG : kapaljudi88
    Www Kapaljudi88 Net

    ReplyDelete
  43. TWIN303 merupakan situs judi online terpercaya di Indonesia dengan pelayanan cepat dan ramah. Dengan minimal deposit hanya 50ribu Anda sudah bisa menikmati permainan yang diberikan mulai dari permainan sportbook maxbet, agen sbobet, casino online, slot online, tembak ikan, dewavegas, qq338 dan masih banyak permainan lainnya lagi.
    Untuk info lebih lanjut bisa hubungi kontaknya di:
    Line: twin_123 / TWIN808
    WhatsApp : +6282321807296 / +6283180560994
    WeChat : TWIN808
    Link : www(dot)twin123(dot)com

    ReplyDelete
  44. Palapabola merupakan Situs Judi Online resmi dan terpercaya yang akan membantu anda membuka akun taruhan bola terkemuka seperti SBOBET, IBCBET, dan MAXBET. Kami juga memiliki permainan lain yang tidak kalah serunya seperti Live Casino, Sabung Ayam, Togel Online, Tembak Ikan, dan Bola Tangkas. Semua games ini bisa anda mainkan di palapabola.

    Judi Bola
    Situs Judi Bola Resmi
    Agen Bola Sbobet
    Agen Taruhan Bola Online
    Daftar Palapabola
    Agen Joker123
    Agen Live Casino
    Prediksi Bola

    ReplyDelete
  45. I think this is one of the most significant information for me.
    And i’m glad reading your article. But want to remark on some general things, The site style
    is ideal, the articles is really nice : D. Good job, cheers
    Judi Togel
    Agen Togel Terpercaya
    Bandar Togel Terpercaya
    Bandar Togel Singapura
    Agen Sabung Ayam SV388
    Agen Slot Online Deposit Pulsa
    Agen Slot Online Terpercaya

    ReplyDelete
  46. Artikel Yang Sangat Bermanfaat... Jangan Lupa Dibaca Juga Artikel berikut ini :D

    Ini dia tempat Terbaik Prediksi Bola Jitu
    Pastikan Agen Bola anda dari Bandar Judi Bola
    Ini bukan Agen Kaleng-kaleng tapi Situs Judi Bola
    Butuh Dana Cepat ? Kunjungi LIGA UTAMA

    ReplyDelete
  47. Izin promo ya Admin^^

    Bosan gak tau mau ngapain, ayo buruan gabung dengan kami
    minimal deposit dan withdraw nya hanya 15 ribu rupiah ya :D
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa
    - Telkomsel
    - XL axiata
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.AJOKARTU.COMPANY ....:)

    ReplyDelete
  48. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  49. Bosan di rumahaja? Gabung sekarang dan menangkan jutaan rupiahnya Bersama kami :)
    Pelayanan CS Fast Respon 24 Jam Non-Stop, Hubungi customer service kami :
    WA : +85516326756
    IG : @ligautama_win

    ReplyDelete

* Terima kasih telah berkunjung di blog Saya.
* Comentar yang sopan.
* Kami hargai komentar dan kunjungan anda
* Tunggu Kami di Blog Anda
* No Link Aktif
Salam Kenal Dari Saya